Minggu, 07 November 2010

Cerita Abu Jahal

Cerita-Abu-Jahal

Imam As-Suyuthi, di dalam kitabnya Lubab al-Nuqul fi asbab al-Nuzul menjelaskan sabab al-nuzul Q.S. Al-'Alaq[96]: 9-10, dengan mengutip sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari ibnu Abbas. "Ketika Rasulullah Muhammad SAW akan mengerjakan sholat, tiba-tiba Abu jahal, seorang yang sangat memusuhi Rasulullah SAW --yang nama aslinya adalah Abdul Hakam bin Hisyam-- datang, lalu melarangnya (agar ia tidak mengerjakan sholat). Lalu --berdasarkan peristiwa itu-- Allah SWT menurunkan ayat ini hingga ayat kadzibatin khathiah ([yaitu] ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka).

Itulah Abu Jahal yang hadir (kurang lebih) 14 abad yang lalu . Dia --dengan gagah berani-- melarang seorang hamba Allah SWT --Muhammad SAW-- yang akan bermunajat (dengan shalatnya) kepada Rabb-nya.

Riwayat Abu Jahal yang Lain

Dikisahkan, bahwa sejak sama-sama remaja Abu jahal senantiasa mengolok-olok Muhammad. bahkan diceritakan pula dalam beberapa riwayat, yang otentsitas dan validitasnya masih diperselisihkan, keduanya (Abu Jahal dan Muhammad di masa remaja) pernah juga berkelahi, dan kebetulan Abu jahal kalah dan --bahkan diceritakan-- terkilir lututnya. Oleh karena itu, ia sangat dendam kepada muhammad.
Ditambah lagi ada sebuah cerita yang menyatakan bahwa Abu Jahal pernah melamal Khadijah binti Khuwalid, tetapi Khadijah menolak lamaran tersebut. Dan beberapa bulan kemudian, Muhammad meminang Khadijah dan langsung diterima. Hati Abu Jahal --tentu saja-- semakin dengki kepada Muhammad.

Teror Abu Jahal

Setelah kaum dhuafa (orang-orang lemah) masuk Islam, Abu Jahal memproklamasikan dirinya sebagai "preman" kota Makkah. Kaum dhuafa yang masuk Islam --semuanya, tanpa kecuali-- mendapat teror dan bahkan penyiksaan pedih dari Abu Jahal. Misalnya, Yasir dan istrinya Sumayyah pernah mendapat siksaan --sampai syahid-- ditangan Abu Jahal.

Sumber: Cerita Abu Jahal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar